PLENO KPU KOTA SIBOLGA; Nyatakan Pasangan ASSED Memenuhi Syarat Maju di Pemilukada Kota Sibolga Tahun 2020.

TNI & POLRI

JURNAL POLRI.COM Sibolga (20/7). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sibolga, melaksanakan Rapat Pleno Terbuka (RPT), terkait Rekapitulasi Hasil Verifikasi Faktual Syarat Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan di Tingkat Kota Sibolga, di Aula Topaz Hotel Wisata Indah Sibolga, Senin 20 Juli 2020.

Rapat pleno tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua KPU Kota Sibolga Kalid Kwalid, yang dihadiri oleh seluruh Komisioner KPU Kota Sibolga, Ketua Bawaslu Kota Sibolga Julkifli, Walikota Kota Sibolga yang diwakili oleh Wakil Walikota Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, mewakili Dandim  0211/TT Danramil 06/Kota Mayor Kav Arwan Sembiring, mewakili Kapolres Sibolga KBO Sat Intelkam Polres Sibolga Ipda M. Sinaga, Kanit Politik Sat Intelkam Polres Sibolga Bripka Gunawan Purba, mewakili Dan Lanal Sibolga Pasintel Kapten Laut (P) M. Riza Falevi, Insan Pers dan  Staff KPU Kota Sibolga, yang diikuti oleh  Pasangan Bakal Calon Wailkota/Wakil Walikota dari perseorangan Drs. H. Ahmad Sulhan Sitompul, M.AP/ Edward Siahaan ( ASSED) beserta dengan Tim Penghubung.

Pada kesempatan itu, Kalid Kwalid  mengatakan, dalam pelaksanaan Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Verifikasi Faktual Syarat Dukungan Bakal Pasangan Calon dari Perseorangan, diikuti oleh 1 (satu) Pasangan Bakal Calon Wailkota/Wakil Walikota dari perseorangan Drs. H. Ahmad Sulhan Sitompul, M.AP/ Edward Siahaan ( ASSED) beserta dengan Tim Penghubung. Kemudian Rapat Pleno tersebut, merupakan sebagai tahapan Pemilukada Kota Sibolga, yang menjadi syarat dalam pendaftaran pada tanggal 4 hingga 6 September tahun 2020, sebelum ditetapkan menjadi Calon Walikota/Wakil Walikota, yang akan digelar secara serentak pada bulan Desember tahun 2020, sebagaimana yang telah diatur pada PKPU NO. 3 tahun 2017 sebagaimana diubah menjadi PKPU No.19 tahun 2019 tentang pencalonan gubernur/wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota, KPU pasal 29 ayat 1, agar melaksanakan rapat pleno terbuka terkait hasil rekapitulasi surat dukungan masyarakat kepada Bakal Calon kepala Daerah.” Ujarnya”

Selanjutnya Salmon Tambunan, anggota Komisioner KPU Kota Sibolga Bidang Divisi Tekhnis, mempersilahkan setiap PPK Kecamatan untuk membacakan rekapitulasi hasil verifikasi surat dukungan kepada Bacalon Walikota/Wakil Walikota diwilayahnya masing – masing. Hasil verifikasi tersebut, sebelumnya telah dilakukan Rapat Pleno ditingkat Kecamatan oleh PPK Kecamatan pada tanggal 16 Juli 2020, dengan rincian sebagai berikut,  dari PPK Kecamatan Sibolga Utara dari 899 surat dukungan, (846) dinyatakan MS dan (53) dinyatakan TMS, PPK Kecamatan Sibolga Kota dari 1.690 surat dukungan, 1.561 dinyatakan MS dan 129 dinyatakan TMS, PPK Kecamatan Sambas dari 2.142 surat dukungan, 2.064 dinyatakan MS dan 78 dinyatakan TMS, PPK Sibolga Selatan dari 3211 surat dukungan, 2.615 dinyatakan MS dan 596 dinyatakan TMS.

Setelah dibacakan hasil verifikasi faktual oleh setiap PPK Kecamatan, Kemudian Kalid Kwalid menjelaskan, dari 8552 surat dukungan yang diserahkan oleh Bakal Calon perseorangan dari pasangan ASSED, setelah dilaksanakan verifikasi faktual oleh Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) dari tanggal 28 Juni hingga 11 Juli 20120, dari sejumlah 8552 surat dukungan tersebut, terdapat sejumlah 7.086 surat dukungan dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) dan sejumlah 1.466 surat dukungan dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).”jelasnya”

Dar rekapitulasi hasil verifikasi faktual oleh setiap PPK Kecamatan, Ketua KPU Kota Sibolga akhirnya menetapkan, Pasangan ASSED memenuhi syarat untuk maju menjadi Calon Walikota/Wakil Walikota Sibolga dari jalur Perseorangan, karena telah memenuhi 10 % dari jumlah pemilih dan juga tersebar 50% disemua wilayah kecamatan di Kota Sibolga, sehingga untuk tahap berikutnya, Pasangan ASSED dipersilahkan untuk mendaftar pada tanggal 4 hingga 6 september tahun 2020 nanti.

Secara terpisah Pasangan ASSED, mengucapkan terimakasih banyak kepada KPU Kota Sibolga, yang telah bekerja secara profesional sehingga, Pasangan ASSED dapat memenuhi syarat untuk mendaftar menjadi Calon Walikota/Wakil Walikota Kota Sibolga di Pemilukada Kota Sibolga tahun 2020. Begitu juga kepada masyarakat Kota Sibolga yang telah konsisten memberi dukungan kepada pasangan ASSED, kami mengucapkan terimakasih, karena kemenangan ASSED nantinya adalah kemenangan Masyarakat Kota Sibolga.”Tutupnya”( SR.Tel/TAA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × two =