Kapolres Karawang Pimpin Press Release Pencurian Kabel Di Proyek Obvit Nasional PLTGU Cilamaya

oleh

JURNALPOLRI.COM-KARAWANG – Kapolres Karawang AKBP Rama Samtama Putra S.I.K.M.H.M.Si pimpin Press Release kasus pencurian kabel di proyek obyek vital nasional PLTGU Cilamaya Kabupaten Karawang Provinsi Jawa Barat,Kamis 10 Juni 2021 sekira pukul 14:30 didepan loby Mapolres Karawang. 

Dalam giat rilis siang hari ini Kapolres Karawang AKBP Rama Samtama Putra S.I.K.M.H.M.Si didampingi Wakapolres Karawang Kompol Ahmad Faisal Pasaribu S.I.K.M.H, Kasat Reskrim AKP Oliestha Ageng Wicaksana Sik SH dan Paur Humas Ipda Budi SH. 

Kapolres Karawang menjelaskan ” bahwa Polres Karawang telah berhasil mengamankan 7 pelaku terduga pencurian kabel di salah satu proyek yang menjadi objek vital nasional PLTGU Cilamaya Kabupaten Karawang. 

5 Orang  sebagai pelaku pencurian berinisial FA(26 Tahun) DA(40 Tahun ), J (40 Tahun) , M (40Tahun) , JA (45 tahun)  ke Empat  pelaku bekerja sebagai buruh /karyawan PT Samsung sedangkan yang satunya sebagai Wakar /Security PT JEL. 

Adapun  2  pelaku sebagai Penadah AR (40 Tahun Wira Swasta ) dan D (71 Tahun /Wira swasta). 

Modus operandinya pelaku pencurian mengambil kabel grounding dan kabel power sekira kurang lebih 30 Meter milik PT Samsung C&T di proyek nasional PLTGU Cilamaya dengan cara memotong atau mencacah kabel sehingga menjadi berukuran kecil 20 cm, kemudian melilitkan kabel di perut setelah berhasil lantas mengulitinya hingga bisa di ambil tembaganya kemudian lanjut di jual Rp 65 Rb per kilogram sampai 80 Rb. 

Akibat dari tindakan  pencurian ini sehingga menimbulkan total kerugian Rp 104 Juta. 

Karena tindakannya terduga  pelaku pencurian dengan pemberatan  dikenakan pasal 363 KUHP. ancaman pidana maksimal 9 Tahun kurungan, sedangkan Penadah 480 KUHP dengan kurungan 4 tahun. 

Kapolres juga menegaskan bahwa Tim Reskrim Polres Karawang dalam satu bulan ini telah berhasil ungkap lima (5)kasus diantaranya yang ini Curat kabel,  Curanmor R2, ada juga pencurian Kacang Ijo, Penadah R2, dengan total 16 tersangka  pelaku dan barang bukti telah kita amankan ” Tukas Kapolres. (Munawir) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *