Bhakti Raharja Wujud Perhatian Pemda Majalengka Terhadap Warga Miskin

oleh

Majalengka.jurnalpolri.com– Dalam rangka memperingati Hari Jadi Majalengka ke-532 sekaligus memperingati Hari Lanjut Usia Nasional ke-26 tahun 2022, Dinas Sosial Kabupaten Majalengka gelar Bhakti Raharja sekaligus launching pembentukan Pusat Kesejahteraan Sosial Desa ( Puskesdes ) dilaunching oleh Bupati Majalengka, di halaman kantor Kecamatan Leuwimunding, Rabu (29/06/2022).

Kegiatan dihadiri oleh, Direktur Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial RI, Sekdis Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, Ketua DPRD, , unsur Forkopimda, Sekda , Ketua TP-PKK Kab.Majalengka, Ketua DWP Kab.Majalengka, para Kepala OPD, Camat se-Kab.Majalengka, serta para Kepala Desa se-Kecamatan Leuwimunding,serta undangan lainnya.

Kepala Dinas Sosial Kab.Majalengka, Iwan Dirwan, S.STP., mejelaskan bahwa kegiatan Bhakti Raharja ini digelar dalam rangka peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke-26 tingkat Kab.Majalengka, kegiatan tersebut memiliki nuansa berbeda, dimana kegiatannya di tahun ini bersamaan dengan peringatan Hari Jadi Kab.Majalengka ke-532 sekaligus Launching pembentukan Pusat Kesejahteraan Sosial Desa se-Kab.Majalengka.

Baca Juga  Gelar Operasi Yustisi Penegakan Protokol Kesehatan, 8000 Masker Siap Dibagikan

“Dalam kesempatan ini akan diberikan bantuan pemenuhan kebutuhan pokok dan nutrisi bagi para lanjut usia sebanyak 500 paket, bantuan bagi masyarakat rentan di wilayah Kec.Leuwimunding sebanyak 200 paket, bantuan alat bantu disabilitas berupa kursi roda 3 in 1 sebanyak 5 unit, kursi roda anak 1 unit, kursi roda standar 66 unit, alat bantu dengar 83 buah serta bantuan lainnya, selain itu juga akan diberikan kartu Indonesia Sehat sebanyak 1.700 penerima manfaat se-Kec.Leuwimunding,” ujarnya

Sementara Direktur Pemberdayaan Masyarakat Kemensos Arif Nahari, mengatakan peningkatan kesejahteraan dan perlindungan sosial bagi penduduk miskin dan miskin ekstream adalah salah satu prioritas Nasional dalam upaya penanggulangan kemiskinan, serta juga menitik bertakan pada percepatan penurunan tingkat kemiskinan dan pertumbuhan yang merata bagi penduduk berpenghasilan rendah, adapun berbagai upaya yang dilakukan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan tersebut yakni dengan program jaminan dan bantuan sosial. Dengan kondisi dilapangan masih terdapatnya pelayanan sosial yang kurang optimal berhulu pada kurangnya keterpaduan penyelenggaraan layanan sosial, masih banyak program pelayanan sektor yang berjalan sendiri-sendiri.

Baca Juga  Bupati Atam Mengajak Kepada Masyarakat Aceh Tamiang Untuk Turut Mendo'akan Tenaga Medis

” Pusat Kesejahteraan Sosial Desa (Puskesosdes) yang di luncurkan Pemkab Majalengka menjadi langkah awal menuju tercapainya pelayanan yang berkualitas, komperhensif, partisipatif, sehingga dengan kehadiran Puskesosdes diharapkan akan dapat memberikan pelayanan sosial yang bermutu guna menjamin keberlanjutan pemberdayaan sosial di tingkat desa, ” jelas Nahari.

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi, M.M.Pd., mengatakan bahwa Kegiatan Bhakti Raharja merupakan sebuah implementasi peringatan Hari Jadi Majalengka yang disatupadukan dengan peringatan Hari Lanjut Usia ke-26 sekaligus Launching Pembentukan Pusat Kesejahteraan Sosial di seluruh Desa di Kab.Majalengka, dimana didalam kegiatan Bhakti Raharja ini terdapat bantuan-bantuan yang diberikan kepada masyarakat kurang mampu dan Lansia .

” Bahkti Raharja Wujud Perhatian Pemerintah Daerah terhadap masyarakat kurang mampu serta disabilitas. Kita akan terus salurkan bantuan kesetiap wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Majalengka,” tutur Bupati.

Baca Juga  Bupati Aceh Tamiang Sudah Perintahkan Kadisperindagkop Data Ulang Pelaku Usaha Mikro

lebih lanjut Bupati mengatakan, terkait Puskesos, Puskesos merupakan lembaga yang dibentuk oleh Desa/Kelurahan yang memudahkan warga miskin dan rentan miskin di Desa/Kelurahan terkait untuk menjangkau layanan perlindungan sosial dan penanggulanag kemiskinan yang dikelola oleh Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, pemerintah Desa/Kelurahan dan Swasta/CSR. Dimana pemerintah Desa/Kelurahan diharapkan menyediakan kontribusi aturan dan anggaran untuk pelaksanaan puskesos.

“Jadi puskesos merupakan sebuah layanan Sosialiasasi Pusat Kesejahteraan Sosial. Di mana puskesos ini sendiri dibangun dengan tujuan untuk memudahkan warga atau fakir miskin untuk mendapatka perlindungan sosial serta lepas dari kemiskinan,”ucap Bupati

Dengan Launching Puskesos Desa ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan rakyat terkait pelayanan kesejahteraan sosial sehingga keberadaannya sebagai pusat kesejahteraan sosial ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

(drh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.