Cegah Meluasnya PMK, Bhabinkamtibmas Polsek Padas Lakukan Penyemprotan Desinfektan secara masif

oleh

Jurnalpolri.com – NGAWI | Dalam upaya mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak berkuku belah seperti sapi, kerbau, kambing dan domba, Polsek Padas Resor Ngawi, melakukan penyemprotan disinfektan di kandang ternak milik warga.

Proses penyemprotan disinfektan tersebut dilaksanakan mulai pukul 10.00 WIB secara door to door di kandang sapi milik Danang Prasetyo di Dusun Bintoyo 1 RT 05 RW 01, Desa Bintoyo Kecamatan Padas oleh petugas penyuluh peternakan wilayah Kecamatan Padas Setiyono, Sabtu (2/7).

Baca Juga  134 Kendaraan Sepeda Motor Balap Liar Diamakan Polres Kediri

Kegiatan penyemprotan disinfektan tersebut dihadiri oleh Kapolsek Padas Iptu Iswajoedi didampingi petugas penyuluh peternakan wilayah Kecamatan Padas Setiyono bersama Kanit Intel Polsek Padas Aiptu Sigit P didampingi Aipda Eko R dan Bripka Hendrik serta piket jaga Koramil Padas Serka Agus M.

Ditemui usai kegiatan, Kapolsek Padas Iptu Iswajoedi mengatakan, penyemprotan cairan disinfektan ini dilaksanakan untuk mencegah penyebaran PMK pada hewan ternak sapi khususnya di wilayah Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi.

Baca Juga  Tausyah Kapolres Ciamis Polda Jabar Bersama Santri dan Santriwati Yayasan Perguruan Islam Pasantren Sabilil Mutaqien, Dalam Rangka Cipkon Menjelang Pilkada Serentak Kab. Pangandaran Tahun 2020*

“Ya, secara masif kegiatan penyemprotan desinfektan ini dilakukan secara door to door ke kandang ternak, kita bekerjasama dengan TNI dan Dinas terkait agar virus PMK dapat dikendalikan dengan cepat,” jelas Iptu Iswajoedi.

Sementara itu, dilokasi yang sama petugas penyuluh peternakan wilayah Kecamatan Padas Setiyono menyebutkan bahwa penyemprotan cairan disinfektan dilaksanakan pada area kandang agar sapi milik warga tersebut dalam kondisi sehat.

Setiyono menerangkan, sebelum dilakukan penyemprotan pihaknya terlebih dahulu memberikan pemahaman kepada pemilik hewan tentang langkah-langkah menghadapi wabah penyakit PMK yang menyerang hewan ternak.

Baca Juga  Kapolres Lembata Gelar Rakor Lintas Sektor Jelang Hari Hari Raya Idul Fitri 1442 H di Lembata

Tidak hanya itu, menurut Setiyono, pihaknya juga menyampaikan tentang ciri-ciri hewan yang terjangkit penyakit PMK agar para peternak paham dan mengerti serta mampu mengatasi gejala PMK.

“Cairan disinfektan ini dari bahan baicklyin dicampur air kemudian disemprotkan di sekitar kandang ternak, dan peternak merasa senang dengan bantuan penyemprotan ini,” tandas Setiyono.

(Humas/Aang dp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.