Jalinsum Sosopan Palas Longsor,Masyarakat Penguna Jalan Resah 

oleh

Jurnalpolri.com Palas -Tingginya intensitas curah hujan dalam sepekan belakangan di wilayah Kabupaten Padanglawas,berdampak sejumlah titik di Jalinsum  Kecamatan  Sosopan mengalami longsor dan nyaris putus .

Penuturan  sejumlah masyarakat dan penguna jalan yang ditemui ,Kamis  (25/3/2021) di Desa Ulim dan Aek Bargot menyebutkan,  terdapat dibeberapa  titik sepanjang jalinsum menuju Sosopan mengalami longsor dan amblas .Hal itu akibat musim hujan yang cukup tinggi .

Masyarakat mulai khawatir dan resah dengan kondisi jalinsum yang longsor .Pasalnya , jika akses jalan putus total maka daerah tersebut akan terisolir .

Kepala Desa Aek Bargot ,Marahamat Nasution dan Kepala Desa Sianggunan ,Raja Syahnan serta Kepala Desa Siundol ,Muallim Hasibuan membenarkan, kondisi jalinsum sangat rawan longsor .Apalagi curah hujan tinggi akan menimbulkan terjadinya erosi karena geografisnya dikelilingi perbukitan dan perbatuan.

Baca Juga  DPC PDI PERJUANGAN Kabupaten Nias gelar Rakercab II.

Menurut para Kepala Desa ini , tingginya intensitas hujan belakangan ini mengakibatkan sejumlah titik badan sepanjang jalinsum Sosopan terjadi longsor .Bahkan nyaris putus sehingga kondisi ini menjadi ancaman bagi penguna jalan saat melintas dikawasan daerah rawan longsor tersebut .

“Terdapat sejumlah titik longsor disepanjang jalinsum Sosopan ,menimbulkan keresahan penguna jalan ,” kata Raja Syahnan .

Baca Juga  Polres Bengkalis Dan Jajaran Ungkap Karhutla Di Siak Kecil

Senada dengan Kepala Desa Aek Bargot . Anggota DPRD Padanglawas  H. Lokot Nasution, Fraksi Partai Golkar yang juga putra kecamatan Sosopan.

H.Lokot menngungkapkan,
wilayah  rawan longsor itu termasuk antara desa Ulu Aer dengan desa Hulim , Kecamatan Sosopan atau sekitar tiga setengah kilometer dari pusat ibukota Kecamatan setempat .

Diakui H.Lokot, hampir setiap tahun ada perbaikan, termasuk di beberapa titik yang rawan longsor, tetapi perbaikannya tidak maksimal sehingga tetap terjadi longsor .

Putra Sosopan bersama masyarakat berharap , Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H.Eddy Rahmayadi melalui dinas PU Bina marga Provsu lebih serius menangani perbaikan jalinsum wilayah  Sosopan.

Baca Juga  Tekan Penjualan Miras Sasaran Warung Jamu Polsek Karawang

“Sudah beberapa kali  ganti Gubernur Sumut ,tetapi  jalinsum Sosopan masih tetap memprihatinkan dan luput dari perhatian pemerintah provinsi Sumut ,”bebernya .

Salah seorang warga Husein Siregar mengatakan, kondisi jalinsum Sosopan ini dari tahun ke tahun terus begini.Kami sebagai masyarakat hanya menjadi saksi longsor tanpa bisa berbuat apapun .

“Jalinsum Sosopan semakin tahun terus menjadi momok menakutkan bagi masyarakat disekitar wilayah ini .Karena longsor terus menjadi ancaman keselamatan warga ,”timpalnya (ISN)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.